SISTEM PERKULIAHAN

Sistem perkuliahan terjadwal dilakukan pada semester I dengan sistem Hybrid, yaitu perkuliahan secara offline dan online menggunakan platform pembelajaran berupa Zoom Meeting, Edlink dan Siakad didukung koneksi internet bandwidht  100 IX (internasional) dan 400 IIX (lokal)dengan pilihan kelas:

Kelas Pagi Senin-Jum’at 09.00-17.00
Kelas Sore Senin-Jum’at 19.00-21.00; Sabtu 09.00-15.00

Metode perkuliahan perkuliahan meliputi tanya jawab, diskusi, studi kasus, tugas, dan project. Sejak semester I, mahasiswa sudah diarahkan untuk melakukan penelitian pendahuluan berupa studi lapangan maupun kajian literatur. Semester II-IV dilakukan kegiatan ujian proposal, penelitian, publikasi artikel, seminar hasil penelitian,  diseminasi hasil penelitian di    seminar ilmiah internasional, dan ujian tesis.

KURIKULUM

Kurikulum Program Studi Magister Farmasi terdiri dari matakuliah yang pembelajarannya secara terstruktur dan matakuliah dengan pembelajaran secara mandiri, yang melibatkan tenaga pengajar dari akademisi dalam negeri maupun luar negeri serta melibatkan praktisi dalam proses pembelajaran. Total beban studi 44 sks yang distribusi dalam 4 semester dengan sebaran sebagai berikut:

DESKRIPSI MATAKULIAH

  • Studi Kasus

Mata kuliah ini berfokus pada identifikasi (identification), pencegahan (prevention), dan pengatasan (resolve) permasalahan terkait dengan terapi (Drug Therapeutic Problems) dengan pendekatan pharmaceutical care plan pada penyakit diabetes melitus, hipertensi, dislipidemia, gangguan fungsi ginjal, epilepsi, stroke, penyakit kardiovaskular, penyakit infeksi, gangguan pernapasan, penyakit kanker serta pada pediatri maupun geriatri.

  • Metodologi Penelitian

Mata kuliah ini mempelajari prinsip-prinsip penelitian meliputi perumusan hipotesis, rancangan penelitian, cara menetapkan instrumen penelitian, penetapan subyek penelitian, cara pengambilan sampel, cara penyajian dan analisa data, cara melakukan penilaian dan review suatu artikel, dan cara penulisan artikel publikasi.

  • Sistem Penghantaran Obat

Mata kuliah ini mempelajari konsep sistem penghantaran obat sediaan lepas terkendali, penghantaran obat melalui membran polimer, aktifitas modulasi obat secara fisika, kimia, biokimia, Bioerosi dan Biorespon terkendali, penghantaran obat pada target spesifik, penghantaran obat secara oral, penghantaran obat nanopartikel, penghantaran obat mengapung dan mengembang di lambung, sistem penghantaran obat  Dome Matrix, sistem penghantaran obat transdermal, penghantaran obat dengan transporter protein, penghantaran obat dari bahan alam.

  • Pengantar Farmasi

Mata kuliah ini mempelajari falsafah ilmu farmasi dan perkembangan riset farmasi didunia dan Indonesia, etik profesi dan undang-undang bidang farmasi, farmasi dalam pelayanan kesehatan, bahan alam dan sediaan farmasi, praktik kefarmasian industri dan distribusi, praktik pelayanan kefarmasian, perkembangan kefarmasian di masa depan, Farmakoekonomi dalam praktik kefarmasian, farmakoepidemiologi dalam praktik kefarmasian, farmakososial dan perilaku dalam praktik kefarmasian, perkembangan apoteker spesialis dalam praktik kefarmasian, penjaminan mutu produk dan pelayanan kefarmasian, registrasi sediaan farmasi, serta pengembangan professional berkelanjutan.

  • Pharmapeuner

Mata kuliah ini mempelajari tentang pharmapeuner dan etika bisnis, regulasi UMKM dan Industri, Bisnis proses produksi makanan minuman, bisnis proses produksi kosmetika dan perijinannya, sumber pendanaan/pemodalan bisnis, basic skill of life and business foundation, Hak Kekayaan Intelektual, perijinan halal, bisnis jamu/obat tradisional, Bisnis PKRT, Regulasi Pembangunan Pabrik.

  • Preliminary Research

Merupakan kegiatan penelitian pendahuluan yang dilakukan sebelum ujian proposal yang diambil pada semester 1 (satu) melalui penelitian lapangan ataupun kajian literatur yang bertujuan untuk menilai kelayakan atau untuk menguatkan latarbelakang dari topik penelitian tesis yang akan dilakukan berdasarkan arahan pembimbing tesis.

  • Ujian Proposal Tesis

Merupakan kegiatan ujian komprehensif yang wajib ditempuh oleh peserta didikberkaitan dengan penelitian tesis yang akan dilakukan. Ujian Proposal tesis dilaksanakan secara luring pada semester 2, dan dilaksanakan paling banyak 2 (dua) kali.

  • Tesis

Merupakan kegiatan penelitian yang dilakukan secara mandiri dan menghasilkan publikasi karya tulis ilmiah berdasarkan arahan pembimbing tesis, yang dimulai setelah peserta didik dinyatakan lulus ujian proposal. Penelitian tesis terdiri dari penelitian tesis I, II, dan III dengan masing-masing bobot 5 (lima) sks.

  • Seminar Hasil

Merupakan kegiatan ilmiah yang dilakukan oleh peserta didik untuk melaporkan kemajuan penelitian yang sedang dilaksanakan. Tujuan seminar hasil adalah untuk membahas hasil penelitian peserta didik, dan mencari solusi bila ada kendala dalam melakukan penelitian.

  • Publikasi

Publikasi hasil penelitian tesis dalam bentuk artikel ilmiah pada jurnal bereputasi merupakan salahsatu prasyarat ujian tesis dan kelulusan peserta didik dalam menempuh pendidikan di Magister Ilmu Farmasi. Publikasi ilmiah dapat berupa original article, review article, dan case report.

  • Seminar Internasional

Merupakan kegiatan desiminasi hasil penelitian tesis kepada masyarakat akademik secara luas melalui oral/poster presentasi. Output dari seminar internasional adalah prosiding/special issue/artikel pada jurnal ilmiah nasional/internasional bereputasi

INGIN MENJADI MAHASISWA UTA'45?

PROGRAM STUDI MAGISTER FARMASI