Dari jurusan IPA? Kira-kira apa jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan ya? Pertanyaan seperti ini tentu sering menghampirimu saat sedang memilih jurusan untuk kuliah. Bagaimanapun juga kamu pasti ingin berkuliah di jurusan yang punya prospek kerja bagus dan bisa menjamin masa depanmu nanti. Nah daripada galau, berikut ini rekomendasi 4 jurusan kuliah IPA yang bisa menjamin masa depan.

Jurusan Farmasi

Jurusan kuliah IPA yang bisa menjamin masa depan pertama adalah jurusan Farmasi. Mengapa Farmasi patut kamu pertimbangkan? Jurusan yang satu ini ternyata punya peluang kerja yang cukup besar. Di Indonesia, kebutuhan terhadap lulusan Farmasi masih tergolong besar karena banyak industri yang memerlukan ilmu Farmasi.

Hm, ini jurusan yang bikin obat ya? Benar, tapi kurang tepat. Jurusan Farmasi tidak hanya mengajarkan tentang membuat obat, tapi juga hal-hal lain terutama tentang struktur senyawa. Jadi di sini yang dimaksud dengan ”obat” tidak selalu berarti barang yang kamu minum saat sedang sakit, tapi lebih pada kandungan dalam yang ada dalam “obat” itu sendiri. Jadi, ilmu Farmasi bisa diterapkan dalam berbagai industri seperti makanan dan kosmetik.

Jurusan Teknik Sipil

Untuk kamu anak IPA yang tertarik dengan bangunan gedung dan infrastruktur bisa coba mendaftar di Jurusan Teknik Sipil. Jurusan yang satu ini memang mempelajari tentang bangunan gedung dan infrastruktur. Bukan hanya terbatas pada pembangunannya, tetapi juga pada perancangan serta pemeliharaannya.

Apa bedanya dengan Jurusan Arsitektur? Kedua jurusan ini memang berkaitan dengan bangunan, namun Arsitektur lebih condong pada ide, konsep, dan desain, sedangkan Teknik Sipil lebih fokus pada pembangunannya sendiri. Peluang kerjanya sendiri sangat menjanjikan karena dibutuhkan di berbagai sektor terutama pembangunan.

Jurusan Teknik Mesin

Punya ketertarikan pada mesin? Coba pertimbangkan Jurusan Teknik Mesin. Selain bisa menyesuaikan minatmu, jurusan yang satu ini ternyata juga termasuk jurusan kuliah IPA yang bisa menjamin masa depan. Apa alasannya? Ini karena Jurusan Teknik Mesin punya peluang kerja yang terbilang bagus.

Lulusan teknik mesin akan dibutuhkan oleh industri mulai dari otomotif, konstruksi, manufaktur (perakitan), hingga telekomunikasi. Apa yang dilakukan oleh lulusan teknik mesin tidak hanya terbatas pada perbaikan mesin saja, tetapi juga sebagai teknisi untuk pemeliharaan mesin, perancangan struktur mesin, hingga menjadi konsultan mekanik.

Jurusan Teknik Elektro

Jurusan kuliah IPA yang bisa menjamin masa depan berikutnya masih datang dari Fakultas Teknik, tepatnya Jurusan Teknik Elektro. Di jurusan ini kamu akan mempelajari tentang sifat-sifat elektron yang mungkin lebih kamu kenal dengan listik, Apa yang dipelajari mencakup pemanfaatan listrik dalam kehidupan manusia.

Ilmu yang dipelajari dalam Teknik Elektro bisa diterapkan dalam berbagai lini kehidupan dan bahkan tidak terbatas pada listrik saja tetapi juga tentang teknologi informasi (TI) serta robotik. Untuk prospek kerjanya sendiri sangat luas mulai dari industri telekomunikasi, TI, pembangkit listik, manufaktur, hingga perminyakan.

Memilih jurusan kuliah memang tidak mudah. Pertimbangan yang diambil bisa sangat banyak, salah satunya adalah tentang prospek kerja jurusan tersebut. Kamu tentu ingin kuliah di jurusan yang bisa menjamin masa depanmu. Untuk kamu anak IPA, rekomendasi di atas bisa dipilih saat nanti harus memilih jurusan kuliah. Kamu juga bisa memilih UTA 45 Jakarta yang memiliki 4 jurusan dalam artikel ini lho.

Leave a Reply

Your email address will not be published.